Event Maksimal, Manajemen Optimal  

Posted by: Intan Lingga in

Press Release

Event Maksimal, Manajemen Optimal
Dewasa ini dunia event sudah bukan menjadi dunia asing lagi. Khususnya bagi kalangan muda dunia, event sudah menjadi dunia bisnis yang prosfektif. Tidak mengherankan jika dunia event lebih banyak didominasi oleh kalangan muda yang notabene menjadi mesin yang memproduksi ide-ide kreatif  dan unik. Menjamurnya organisasi yang bergerak dalam event organizer (baca: pembuat event) menjadi bukti bahwa dunia event sudah menjadi hal yang biasa. Menjamurnya Event Organizer tidak sebanding dengan kemampuan manajerial yang optimal sehingga banyak ide kreatif untuk membuat event menjadi tidak maksimal dan jarang mendapat dukungan sponsor. Sehingga, event yang seharusnya besar menjadi event biasa. 
Untuk menjawab semuanya, Creative Event Organizer (CEO) mengadakan Kuliah Umum dengan tema “Event Maksimal, Manajemen Optimal”. Dalam kuliah umum yang akan berlangsung 01 Desember 2010 di Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), CEO mengangkat isu bagaimana mengoptimalkan manajerial sebuah organisasi untuk melahirkan event yang besar dan sukses. Dalam kuliah umum tersebut CEO mengundang pembicara dari IRC Production yang merupakan Event Organizer dengan jaringan yag cukup luas di Yogyakarta.
Selain mengundang pembicara berpengalaman dalam menggarap event, CEO juga mempersembahkan kuliah umum bertemakan langka tersebut secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya sepeserpun. Kuliah Umum yang didukung Jurusan Ilmu Komunikasi UMY ini mengangkat konsep ruangan yang dibuat semiformal. Ruang didesain seolah-olah berada di trotoar jalan dengan dinding bergrafiti. Konsep tersebut dibuat dalam rangka membangun suasana yang lebih interaktif antara pembicara dan peserta kuliah umum.
Dalam kuliah umum tersebut CEO melakukan kerjasama dengan beberapa organisasi akademik dan Media seperti Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (IMIKI), Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOMAKOM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Lab Ilmu Komunikasi, Indonesia Reggae Community (IRC) dan Rmagz. Kuliah umum dibuka untuk mahasiswa dari berbagai universitas yang ingin turut serta.(MM)  
Release by : Mida Mardhiyyah
____________________________________________________________________ 
    

Di Indonesia, pola kerja Event Organizer (EO) sudah lama ada, dimulai dari pesta-pesta adat di mana panitia pesta tersebut mulai membagi tugas masing-masing untuk mendukung suksesnya suatu acara sampai pada acara-acara hiburan. Sedangkan EO di Indonesia mulai populer sekitar tahun 1990an dan semakin populer lagi pada tahun 1998 pacsa era krisis di mana begitu banyak tenaga kerja yang keluar dari perusahaan tempatnya bekerja dengan berbagai alasan dan mulailah mencari alternatif sumber penghasilan yang lain seperti EO.
Jasa event organizer sendiri adalah jasa  penyelenggaraan sebuah acara atau kegiatan yang terdiri dari serangkaian mekanisme yang sistematis dan memerlukan ketekunan, kesungguhan serta kekompakan kerja tim di mana acara tersebut dipadati dengan deadline, target, scheduling, pressure dan teamwork solidarity. Peran event organizer adalah melaksanakan penyelenggaraan sebuah event berdasarkan pedoman kerja dan konsep event tersebut dan mengelolanya secara professional. Pengelolaan manajerial dalam melaksanakan sebuah event memiliki peran yang sangat signifikan.
Event Organizer sudah berkembang pesat di negeri kita. Dari yang bergerak di bidang pertunjukan musik,  pameran produk (mobil, komputer, handycraft), sampai wedding pun tersedia. Untuk mendirikan sebuah EO diperlukan, motivasi, database, network, permodalan dana segar yang cukup, SDM yang dinamis dan pekerja keras, semangat teamwork, kreatifitas, imaginasi dan konsep, keahlian individu yang tepat guna, tidak gaptek, personal yang baik, inisiatif yang tinggi, jeli, cermat, dan peka terhadap perkembangan. Serta dalam pelaksanaan sebuah event dibutuhkan manajemen yang baik serta tertata dengan rapi sehingga jika manajemen tersebut tertata dan dijalankan sesuai dengan fungsi dan tanggung jawabnya maka pelaksanaan event tersebut juga akan maksimal.
Oleh karena itu, kami mengadakan Great Seminar 2010 dengan tema “Event Maksimal, Manajemen Optimal”  dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pelaksanaan event yang baik dan optimal tanpa meninggalkan unsur manajemen yang maksimal sebagai pendukung optimalnya sebuah event.

A.    Konsep Acara
Adapun konsep acara tersebut yakni mengadakan kuliah umum tentang pelaksanaan event, serta pengelolaaan manajemen event dalam sebuah event organizer. Seminar ini akan dibawakan oleh pembicara yang tentunya handal dalam pelaksanaan event serta pengolaan manajemen event. Selain itu dalam seminar ini juga akan diselingi oleh hiburan akustik oleh band akustik untuk menghibur peserta. Konsep ruangan akan sangat unik, karena akan dihias dengan berbagai ornament unik demi menghadirkan suasana berbeda.

B.      Nama Acara

Communications Department of UMY Proudly Present
KULIAH UMUM 2010
“Event Maksimal, Manajemen Optimal”
Bersama IRC Production

C.    Tujuan
-          Terselenggaranya kuliah umum bagi Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMY dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan skill.
-          Memberikan pengetahuan tentang pelaksanaan dan pengelolaan manajemen event secara maximal.

D.    Target Sasaran
-          Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMY
-          Mahasiswa JIK UMY angkatan 2010 (wajib)
-          Mahasiswa diluar UMY
-          Umum
-          Dosen  UMY
E.     Keuntungan Pihak Sponsor
q Menjadikan kegiatan ini sebagai media promosi yang efektif bagi pihak sponsor, karena :
§ Dihadiri oleh Target Audience/Target Market yang jelas, yaitu Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMY, Mahasiswa dari Jurusan lain, Umum dan Dosen UMY, di mana target sasaran ini sesuai dengan produk/jasa sponsor.
§ Jumlah minimal peserta adalah 200 orang, karena diwajibkan untuk mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2010, serta beberapa mata kuliah lain.
§ Diikuti oleh  mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMY, Mahasiswa Umum dan Dosen sehingga pihak sponsor bisa melakukan promosi pada target yang ada.
§ Kegiatan dilakukan di ruangan tertutup dengan kapasistas 250 peserta seminar, di mana pihak sponsor dapat membuka stan di pintu masuk serta melakukan branding produk terhadap peserta seminar.
§ Kegiatan dilakukan setelah ujian tengah semester yaitu pertengahan bulan November sehingga dapat dihadiri oleh mahasiswa UMY dan umum serta Dosen UMY.
§ Pihak sponsor dapat melakukan promosi secara below the line yaitu pada backdrobe, poster, brosur, adlibs MC, dan diberitakan di semua media yang menjadi partner dalam acara ini (media kampus maupun media lokal Jogja).

F.     Waktu Pelaksanaan
-          Hari/Tanggal :  Rabu, 1 Desember 2010
-          Waktu        :  08.30-12.00 WIB
-        Tempat         :  Ruang Sidang AR. Fahruddin B lantai 5 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Intan Linggaratri______