Bagaimana peta hidup kita?  

Posted by: Intan Lingga in

Melihat banyaknya orang hilir mudik di depan mataku, aku berpikir.
“Mereka ini kesana-kemari mau ngapain ya?”

Pagi hari aku di kampus, ada yang sibuk, ada yang nongkrong. Hari ini aku jadi peserta pengisi nilai untuk sertifikasi salah satu dosenku. Siang hari aku memandangi sertifikat tutor yang baru saja aku dapatkan, bangga rasanya ;)

Sampai di posko, aku menemukan banyak orang dengan banyak kegiatan. Ada yang tidur, ada yang ngobrol, ada yang ngemil, ada yang sibuk menempel pengumuman. Oya, hari ini posko kedatangan satu tim lain, mereka KKN untuk pemilukada Yogyakarta yang kebetulan di markaskan di sini, di posko KKN-ku, Balai RK Gedongkiwo. Semangat baru! Jujur saja datangnya beberapa orang baru (yang salah satunya) bisa diandalkan, menyulut lagi semangatku. 

Aku jadi semakin yakin dengan teori yang mengatakan “Beberapa orang dalam satu kelompok, yang bekerja paling-paling 20%-nya”. Pembuktian ke sekian kalinya ya di sini, di kelompok yang baru datang.
___________________________________________________________________

Sebenarnya, sebelum menulis tadi, ada satu hal yang terpikir. KONSEP. Yah, konsep hidup lebih tepatnya. Kadang aku berpikir, pada saat yang sama dan dalam kegiatan yang sama, kenapa frekuensi bekerjanya berbeda? Karena konsepnya berbeda. Setuju?

Dalam sebuah event, kalau ga  ada konsep, acara pasti ga asik. Konsep itu rencana besar, rencana kasar, tema besar, strategi, yang nantinya kita akan membuat langkah-langkah kecil untuk mendapatkan yang besar itu. Sama seperti sebuah event, saat manusia tidak punya konsep, dia juga akan bingung dengan hidupnya. Tapi seringkali orang tidak sadar akan ini. Mungkin aku cuma segelintir yang ingat saat banyak yang lupa, tapi besok bisa jadi aku yang lupa diantara banyak yang ingat. Itulah hidup. Dan katanya kita, manusia, adalah tempatnya salah dan lupa. 

Acara menulis itu selesai kemarin lantaran aku tiba-tiba bad-mood melihat beberapa kawan yang menghabiskan waktu di posko dengan sia-sia, tanpa kerja. 

Dulu aku jauh dari dunia organisasi, tapi sekarang mungkin aku salah satu dari sekian banyak orang yang sudah tidak bisa -diam- tanpa berorganisasi. Pikiranku kesana-kemari, membayangkan ini dan itu, membuat konsep dan rencana-rencana untuk hidupku yang kadang tertunda-tunda karena terlalu menakutkan untuk benar-benar dikejar. Yah, itulah yang masih menjadi PR besarku. Aku masih penakut. 

Hanya saja, Allah terlalu baik. Di sekelilingku banyak orang-orang hebat yang sepertinya akan selalu mengingatkan saat aku lupa.. dan menguatkan saat aku takut.

"Bentangkan peta yang luas itu,
Lihat di mana kita berdiri, lalu buatlah rute yg pasti utk menyelesaikannya.
Hitung waktu yg ada,
Lalu persiapkan semua amunisi sebaik mungkin.

Siap tancap gas! ;)
Ajaklah yg bisa diajak, dan tinggalkan yg perlu ditinggalkan ^_^"

__Intanian__

Yogyakarta, 23 Juli 2011
__Intanian__

This entry was posted on Jumat, Juli 22, 2011 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar