Pejabat Adalah Bentuk Loyalitas Lebih  

Posted by: Intan Lingga in

Menjadi pejabat struktural di sebuah institusi pendidikan adalah bentuk loyalitas yang lebih. Bagi seorang dosen, di samping mengajar, kemampuan dan kompetensi dosen diperlukan untuk bertanggung jawab di bidang akademis maupun kemajuan universitas. Kedua-duanya harus dilakukan seiring sejalan, dengan tanggung jawab yang sama besarnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Ir. H. M. Dasron Hamid, M.Sc, saat memberi sambutan pada acara Pelantikan Pejabat Struktural Baru di Lingkungan UMY, Sabtu (31/12) bertempat di Rektorat UMY. 

Dalam acara ini, UMY melantik 85 pejabat struktural baru di lingkungan UMY. Pejabat yang dilantik akan menjabat sampai 31 Agustus 2013. Pejabat struktural yang dilantik meliputi direktur, ketua program, dan sekretaris program pascasarjana, ketua progam studi (kaprodi), sekretaris program studi (sekprodi), koordinator laboratorium, dan kepala tata usaha. 

Dasron berharap agar para kaprodi dan sekprodi yang dilantik dapat menjalankan pekerjaannya dengan amanah. “Sebagai dosen, para kaprodi dan sekprodi tidak hanya bertanggung jawab atas akademis, tetapi bagaimana agar dapat menjalankan program yang telah ditetapkan universitas dengan amanah. Karena hal itu merupakan konsekuensi sebagai pimpinan dan harus dapat dipertanggungjawabkan,” jelasnya. 

Dasron menambahkan, memimpin maupun me-manage proses akademik merupakan tanggung jawab yang sama pentingnya. “Dosen yang menjabat harus dapat mensinergikan proses akademik maupun non akademik secara lebih terstruktur. Sebagai pengajar, dosen wajib memaksimalkan kompetensi akademisnya demi kemajuan mahasiswa. Sedangkan sebagai pejabat struktural, dosen juga wajib memaksimalkan program-program yang dituju oleh kampus, yaitu mewujudkan UMY yang Unggul dan Islami,” pungkasnya.  


RELEASE :




This entry was posted on Jumat, Desember 30, 2011 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar