UMY Juarai Lomba Debat Bahasa Inggris  

Posted by: Intan Lingga in

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil tampil sebagai juara pertama dan kedua dalam Lomba Debat Bahasa Inggris Dalam Acara “Post Graduate Expo” yang berlangsung di Mandala Bhakti Wanitatama, Minggu (15/4). Tim PBI (Tim UMY A) dan Tim HI (Tim UMY B) berhasil menyisihkan pesaingnya dari UGM, BSI, Amikom, dan Ciputra Surabaya.

Hal tersebut disampaikan oleh Ahmad Sahal Mahfudz, atau yang akrab disapa Al, saat ditemui di Kampus Terpadu UMY, Selasa (17/4) pagi. Rekan satu tim Al adalah Irfan Dwi Yulianto (PBI 2010) dan Sernawati Siwasiwan (2010). Al sendiri adalah mahasiswa angkatan 2011 di PBI UMY. Sementara Tim B UMY, terdiri dari Afan Gaffar, Zulkarnal Hidayat Zakaria, dan Sari Mutiara Aisyah dari Hubungan Internasional.

Hari pertama, Kamis (12/4), seperti dikatakan Al, tim UMY A bersaing dengan tim dari AMIKOM untuk dapat maju ke babak semifinal. “Hari pertama kami bersaing dengan AMIKOM, menang dengan skor 82 poin. Kami menang dengan skor 10 angka di atas tim lawan,” ujarnya antusias.

Setelah lolos, lanjut Al, mereka kemudian bertemu dengan tim dari Ciputra Surabaya. “Kita berhasil mengalahkan tim tersebut, lalu masuk ke babak final. Tema yang kami dapatkan adalah tentang pentingnya sekolah di luar negeri. Saat mendapatkan posisi pro, maka argumen-argumen kami adalah seputar pentingnya kuliah di luar negeri, seperti bagaimana pengalaman yang akan didapatkan bila kita dapat mengecap pendidikan di luar negeri,” tambahnya.

Menurut Al, hal yang berkesan adalah ketika Tim UMY A berhadapan dengan Tim UMY B, yang sebenarnya adalah senior mereka. “Senang sekali, kami bisa bersaing dengan senior. Mereka adalah pembimbing kami sebelum mengikuti lomba,” paparnya mengenang. Sementara dua rekannya yang lain, Irfan dan Wati, memberikan beberapa tips agar mampu mempertahankan semangat dalam berdebat. “Yang jelas harus berani. Lawan kita, dari mana pun kampusnya, adalah sama-sama mahasiswa, jadi pasti memiliki kekurangan,” ujar Irfan yang disambut senada oleh Wati.

Yogyakarta, 16 April 2012

This entry was posted on Kamis, Mei 17, 2012 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar