Tetaplah Hidup, Tapi Jangan Membajak!  

Posted by: Intan Lingga in

"Ketidakpastian, sama mungkinnya dengan kepastian.
Ketidakmungkinan, sama pastinya dengan kemungkinan.

Kemana jalan kita berarah, kita yg bisa memungkinkan dan memastikan.

Dan bersyukur, tak harus di akhir.
Bersyukur krena diberi kesempatan, kdg lbh baik drpda bersyukur stlah mndapat. Itu menghindarkan diri kita dr kata 'culas'.
Hidup itu memang perjuangan, dan pelayanan. Sampai kapan? sampai MATI."

__Intanian__
Itu bunyi status di Facebook-ku, hari ini. Kenapa? Karena hari ini aku belajar banyak hal.

Mungkin bukan belajar dari awal, tp menambah keyakinan terhadap pembelajaran itu sendiri. Mengingat pengalaman, aku memang punya beberapa pengalaman buruk dengan yang aku sebut “kepercayaan dan ketulusan”. 

Lalu aku teringat pembajakan. Pembajakan apa? IDE! Ya, ide! Aku teringat hari kemarin, yang adalah juga Hari Musik Nasional. Hari itu dibuat demi “STOP Pembajakan” karya anak bangsa. 

Ngomong soal pembajakan, aku tersadar bahwa pembajakan bukan hanya mengenai kerugian “material”, pembajakan adalah pengkerdilan. Pembajakan, pencurian, atau plagiatisme, ternyata menimbulkan efek samping yang mendalam, efek itu adalah : susahnya mempercayai partner sekaligus mematahkan kreatifitas. 

Kenapa?
Males aja kalo susah-susah bikin, tapi dengan gampang orang laen nge-klaim itu miliknya”, mungkin itu jawabanku kalau ditanya. 

Aku pernah mengalaminya, dan itu berdampak sampai sekarang : aku bersumpah takkan membagi ideku (lagi) dengan orang itu. Dan itu membuatku semakin pesimis untuk bisa hidup sesuai cita-citaku di kota kecil seperti kota asalku. 

Dengan ruang gerak yang sempit, kota yang masih “tanggung”, dengan sumber daya manusia yang “itu-itu aja”, mindset mereka memang baru sampai pada keuntungan, keuntungan, dan keuntungan. Padahal, dengan melakukan itu, yang didapat hanyalah mental dan pemikiran yang semakin kerdil. 

Ya… lakukan saja kalau mau kerdil sampai MATI. Tapi, tugas manusia adalah menjadi manusia. Jadi, pikirkanlah. ^______^

Yogyakarta, 10 Maret 2011
__Intanian__

This entry was posted on Kamis, Maret 10, 2011 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar